cara membuat absensi kerja karyawan dengan format excel |
Absen kerja memang kadang membuat kita para orang orang yang bekerja di sebuah usaha atau dengan kata lain kita yang memiliki karyawan dalam usaha kita memang sangatlah di butuhkan . Itu untuk menjumlahkan berapa mereka masuk dan tidaknya . Sebenarya mash banyak fungsi dari program ms excel disamping untuk membuat absen kerja. Namun disini saya akan membahas cara membuat absen kerja menggunakan ms excel terlebih dahulu.
Ok langsung saja kita masuk ke tutorialnya :
- Pertama anda haru buka program ms excel, disini saya menggunakan ms excel th 2007
- Lalu buatlah sheet tabel seperti berikut, usahakan sama seperti pada gambar agar mudah dalam menaruh rumus.
- Pada menu home , pilih opsi >> Conditional Formatting kemudian pilih >> manage rules . Ini adalah langkah untuk membuat fungsionya sekaliguas rumusnya. Lihat gambar berikut
- Pilih >> New Rules seperti yang saya bulatin pada gambar.
- Akan muncul opsi New formatting rules seperti gambar dibawah, Lalu pillih >> format only cells that contain , klik opsi >> cell value lalu pilih >> specific text klik containing pilih >> beginnig with lalu ketik huruf a kecil pada opsi samping beginning with. Ini untuk memberi perintah pada kode a yang berarti sakit. Lalu atur format lalu pilih fill pilih warna merah untuk kode a,nya . Setelah selesai lanjutkan ke kode i yang berwarna hijau lakukan seperti langkah membuat kode a , hanya kita mengubah huruf dan warna fillnya. Lakukan sampai ke kode .Lihat gambar dibawah
- Jika sudah semua, hasilnya seperti gambar dibawah. Kemudian klik OK
- Kemudian masuk ke halaman kerja excel . Kita ketikan rumus =COUNTIF(C4:AF4;"a") pada cell AG4. Ini untuk memberi perintah pada keterangan sakit atau kode a
- Lalu ketik rumus =COUNTIF(C4:AF4;"i") pada cell AH4 . Ini untuk memberi perintah pada keterangan izin atau kode i
- Ketikan rumus =COUNTIF(C4:AF4;"s") pada cell AI4 . Ini untuk memberi perintah pada keterangan sakit atau kode s
- Ketikan rumus =COUNTIF(C4:AF4;".") pada cell AJ4 . Ini untuk memberi perintah pada keterangan masuk atau kode .
Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah .
- Lalu jika sudah , coba tes dengan mengetikan huruf huruf keterang absensi kerja. Untuk menjumlahkan data absensi . ketikan rumus =SUM(AG4:AG13) pada cell AG14 .
NOTE : Untuk mendownload aplikasinya silahkan . download-sistem-absen-kerja-excel
11 comments:
Mantap
Mantap buat latihan
Buat ntar kalo ane dah jadi bos yaa gan, , ,doain okhe
ok sip gan
lumayan itung itung buat latihan nihh... makasih mas ilmunya
Wah mantap , ane nyari ini nih , maklum ane masih newbie hehe
silahkan dipelajari semoga bisa berguna ... jika ada kesulitan bisa tanya saya. terimakasih
Saya punya program realtime tarik data absensi dengan fitur adms/cloud pada mesin. Kelebihannya adalah bisa dipasang di shared hosting maupun vps. Tidak membutuhkan soap dan scheduler (cron job) untuk tariknya, jadi bener2 realtime. Program saya memanfaatkan fitur ADMS/CLoud pada mesin absensinya seperti layaknya vendor-vendor mesin yang menyewakan cloud absensi dengan koneksi mesin ke server2 mereka. Program saya dari PHP dan MYSQL. Kelebihannya adalah bisa tarik realtime, upload sidik jari dari satu mesin ke mesin lainnya, upload user dan privilage user, hapus sidik jari, hapus transaksi, reboot, tarik informasi mesin dan lain2. Berminat?? hub 0813 48021 778 (WA)
Kalo formatnya campuran gmn, misal pake Hamdan keterangan alpa ijin sakit
Kalo formatnya campuran gmn, misal pake Hamdan keterangan alpa ijin sakit
Cara nengahin huruf gimana ya aq lupa kaya kolom baris 123 no ketengah gimana lupa saya tlg bantuan nya bosss
Post a Comment