Tips Memulai Usaha Dengan Modal Minim Pengalaman Sendiri

 Ok kawan kompudata, kali ini saya akan berbagi pengalaman yang tentunyha saya maksudkan untuk kawan kawan yhangv ingin memulai usaha dibidang jasa, pengalaman ini saya kutip dari beberapa kisah teman dan dari saya sendiri.

    perlu kawan kawan kompudata tahu, usaha jasa adalah usaha yang menurutu sayha tidak mengeluarkan modal yang terlalu banyak, namun memerlukan skil yang banyak. dan untuk mendapatkan skill itu sendiri bisanya tidak gratis, kecuali kita memang pernah kerja dibidang jasa yang akan kita gveluti sendiri nantinya.


MEMULAI USAHA DENGAN MODAL 3JUTA

    Saya pertama kali memulai usaha jasa yaitu dengan modal 3Juta, itu juga uang jaminan saya yangv keluar saat kerja disalah satu perusahaan sebelum saat memulai usaha jas service elektronik/laptop. Dengan modal 3 juta tentunya kawan kawan berfikir dan bertanya apa saja yang dilakukan dengna dan 3juta tersebut?

    Pada intinya modal dalam memulai usaha adalah dengan tekad dan wawasan yangv kita miliki di bidang yangv akan kita geluti. modal 3juta yang saya punya itu salah satunya saya belanjakan yangv terpenting adalah untuk menimba ilmu di  bidang usaha yang akan saya geluti, ini saya keluarkan krg lebih 1jutaan. lalu sisanya untuk membeli alat - alat service yang paling vital dulu.


Nah sudah ada gambaran kan kawan, yangv terpenting ternyata dalam bidang jasa adalah skil kita dalam bidang jasa tersebut. Keyakinan juga slaah satu hal yang wajib saya tanamkan selama menggeluti dunia jasa tersebut. 

RELASI

    Dalam dunia usaha relasi teknisi merupakan hal yang terpenting juga, kenapa?. tentunya saat kita mengalami sesuatu hal yang tidak diinginkan atau berbagi penglaamn dengan teman, mereka pasti pernah mengalami sesuatu yang belum pernah kita alami sebelumnya , dari situ kita bisa belajar untuk mengatasi masalah tersebut dari mendengarkan cerita yangv teman kita sampaikan. 

KEYAKINAN

   Yakin , dalah salah satu sesuatu yangv wajib kita miliki dalam memulai usaha, tetap ikhtiar dan berdoa bahwa semua yang kita lakukan pasti sudah diatur oleh Allah SWT, dari rejeki sampai mati. mungkin itu saja dulu gambaran yang bisa saya bagikan kepada kawan-kawan kompudata, semoga bisa bermanfaat, 

jika ada yang ingin ditanyakan sialhkan komentar di bawah trimakasih

No comments: